5 Keuntungan Memilih Transaksi Penjualan Berbasis Cashless bagi Pelaku Bisnis

5 Keuntungan Memilih Transaksi Penjualan Berbasis Cashless bagi Pelaku Bisnis
Gambar : Canva

Zaman sekarang sudah mulai jarang transaksi yang dilakukan secara tunai. Apalagi di kawasan kota-kota besar, dimana rata-rata mulai beralih dari jenis transaksi secara tunai menuju cashless. 

Terlebih dengan hadirnya berbagai aplikasi transaksi penjualan yang dapat digunakan untuk mempermudah memantau setiap dana atau uang yang masuk. 

So, bagi kamu para pemilik usaha wajib untuk mempertimbangkannya dalam bisnis, karena bisa bantu mendongkrak penjualan.

Keuntungan Transaksi Cashless untuk Bisnis

Kini mulai banyak para pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk beralih dari jenis transaksi penjualan yang dilakukan secara tunai atau langsung dengan transaksi keuangan yang dilakukan berbasis cashless.

Sebenarnya hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena ada begitu banyak keuntungan yang dapat dirasakan ketika menerapkan transaksi non tunai. Apa saja keuntungan transaksi cashless untuk bisnis? Yuk kita ulas! 

Membantu Menarik Konsumen Baru

Kamu mungkin pernah menjumpai calon konsumen yang tidak jadi membeli atau bertransaksi karena tokomu tidak menerima fasilitas pembayaran cashless sedangkan yag mau transaksi ini tidak membawa uang tunai. 

Di zaman sekarang, rata-rata masyarakat Indonesia memang lebih senang dengan transaksi cashless karena dirasa lebih aman serta praktis. 

Maka tentu dengan menghadirkan fasilitas pembayaran yang baru memungkinkan untuk bisnis kamu bisa mendapatkan lebih banyak konsumen baru.

Efisiensi dalam Transaksi Keuangan

Dengan layanan secara cashless nyatanya transaksi menjadi lebih efisien baik itu secara waktu, tenaga serta biaya. Pasalnya semua bisa dilakukan dengan mudah karena tinggal gesek atau scan kode saja. 

Begitupula dengan pekerjaan kasir yang menjadi lebih ringan karena tidak perlu menghitung uang, mengecek keaslian sampai dengan memberikan kembalian.

Transaksi Jadi Lebih Aman

Keuntungan lainnya bisa kamu temukan dari segi keamanan. Transaksi yang dilakukan secara cashless dapat menghindarkan dari risiko penyebaran uang palsu, karena semua dana diterima secara digital. 

Begitu juga untuk resiko kesalahan dalam menghitung hingga penggelapan uang oleh karyawan juga dapat dengan mudah dilacak.

Memberikan Kenyamanan bagi Pelanggan

Pelanggan akan semakin loyal dan datang lagi jika dalam transaksinya diberikan kenyamanan seperti diantaranya adalah untuk transaksi yang dilakukan berbasis cashless ini.

Karena dengan metode ini pelanggan tidak perlu terlalu lama antri pada saat ingin membayar. Kamu pun bisa lebih sat set untuk segera melayani pelanggan

Mudah Dipantau Dimana Saja

Umumnya transaksi berbasis cashless sudah terintegrasi dengan perusahaan perbankan yang menerbitkan merchant tersebut. 

Jadi sekalipun nantinya pemilik usaha atau bisnis tersebut sedang tidak berada dalam toko atau gerai secara langsung, maka kamu juga tidak perlu khawatir. Semuanya dapat dipantau meskipun secara jarak jauh lewat sebuah aplikasi yang ada.

Fasilitas Yang Membantu Transaksi Cashless

Fasilitas Yang Membantu Transaksi Cashless
Gambar : Canva

Transaksi secara cashless atau non tunai ini tidak dilakukan sendiri, melainkan dengan bantuan fasilitas khusus. Ada dua fasilitas yang biasa digunakan untuk transaksi non tunai. Apa saja?

Mesin EDC

Pertama ada mesin EDC. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Sebuah mesin kecil yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran melalui sebuah kartu, baik itu kartu debit maupun kartu kredit hanya dengan menggesekkannya saja. 

Mesin EDC ini yang menghubungkan antara rekening yang satu dengan yang lain dan melakukan transaksi pembayaran secara mudah.

QRIS, 

Kedua ada Quick Response Code Indonesian Standard atau lebih dikenal dengan istilah QRIS. Kamu mungkin sudah sering melihat kode atau barcode yang terpajang pada bagian kasir

Pelanggan yang hendak melakukan transaksi atau pembayaran digital cukup memindai atau scan barcode tersebut. Maka secara otomatis akan tersambung ke rekening penerima dan transaksi pun bisa segera dilakukan dengan mudah.

Bagaimana? Sudah tahu kan keuntungan transaksi non tunai untuk bisnis? Jika tak ingin bisnismu ketinggalan, segeralah manfaatkan fasilitas yang disebutkan di atas.

Nah, agar bisa menikmati semua fasilitas pembayaran berbasis cashless tersebut, kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari merchant BCA.

Pendaftarannya dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi Merchant BCA yang ada. Pastikan kamu download aplikasinya terlebih dahulu kemudian daftarkan diri. 

Perlu diketahui bahwa satu aplikasi tersebut menawarkan banyak fungsi atau fasilitas, termasuk diantaranya untuk pengajuan mesin EDC sampai dengan QRIS statis untuk menerima pembayaran secara cashless. Download aplikasinya di sini.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

1 komentar untuk "5 Keuntungan Memilih Transaksi Penjualan Berbasis Cashless bagi Pelaku Bisnis"

Comment Author Avatar
emang imposible banget sih apa lagi pembayaran pake qris mudah banget kelur moneynya wkwk, nyari uangnya setengah mati ya nggk

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.