Fitur XTRA Trade Limit Ajaib, yang Perlu Trader Tahu Sebelum Menggunakannya

Fitur XTRA Trade Limit Ajaib, yang Perlu Trader Tahu Sebelum Menggunakannya
Gambar : freepik

Trade Limit atau trading limit adalah istilah dalam trading saham yang mungkin belum familiar bagi banyak orang, apalagi pemula. Padahal fitur ini bisa sangat membantu kamu untuk mengambil momentum pasar saat itu juga untuk memperbesar potensi profit.

Untuk mensupport para tradernya, Ajaib sebagai aplikasi investasi pilihan #1 Investor Indonesia, juga sudah menghadirkan fitur ini di aplikasinya dengan nama XTRA Trade Limit. 

Namun, sebelum lebih jauh membahas XTRA Trade Limit Ajaib, ada baiknya kita bahas dulu apa itu trade limit.

Apa Itu XTRA Trade Limit Ajaib

Trade limit adalah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan sekuritas kepada pengguna untuk melakukan transaksi saham dengan buying power melebihi saldo RDN (Rekening Dana Nasabah) yang dimiliki.

Melalui fitur ini, pihak sekuritas akan memberikan kamu tambahan modal atau buying power sehingga kamu dapat membeli saham dalam jumlah yang lebih besar. Tambahan buying power ini untuk masing-masing sekuritas berbeda-beda.

Sebagai aplikasi pilihan #1 Investor Indonesia, Ajaib hadir dengan fitur XTRA Trade Limit. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk trading saham lebih banyak dengan adanya XTRA buying power hingga 6x. 

Adapun perhitungan Trade Limit Buying Power ini dari total cash ditambah nominal portofolio saham setelah dipotong haircut

Sebagai contoh, saldo di RDN kamu sebesar Rp3 juta rupiah kamu dapat membeli saham A sebanyak 6 lot saja. Namun, dengan tambahan buying power Trade Limit, kamu dapat beli saham A hingga 20 lot atau bahkan lebih. Sesuai dengan jumlah tambahan buying power yang kamu dapatkan.

Nah pada dasarnya XTRA Trade Limit Ajaib juga sama. Di mana fitur ini untuk trader yang ingin memperbesar potensi profit dengan membeli lebih banyak saham. Semakin banyak saham yang dimiliki, maka potensi profitnya juga akan semakin besar.

Selain itu, momentum pasar saham itu tidak akan bisa menunggu. Saat ada momentum yang tepat, trader harus segera bertindak untuk mengambil peluang yang ada. Oleh karena itulah, dengan adanya fitur XTRA Trade Limit ini, kamu bisa langsung segera trading meskipun saldo RDN terbatas.

Apa Itu XTRA Trade Limit Ajaib
Gambar: freepik

Manfaat XTRA Trade Limit

Trade limit memungkinkan kamu untuk membeli saham-saham potensial dengan jumlah lebih banyak melebihi saldo RDN kamu. 

Jadi, manfaatnya sudah jelas. Fitur trading yang satu ini dapat membantu kamu meningkatkan potensi keuntungan sekaligus memanfaatkan peluang pasar dengan lebih cepat.

Kendati demikian tidak dimungkiri semua jenis investasi termasuk trading saham pun tidak lepas dari potensi risiko jika harga sahamnya mengalami penurunan. 

Jadi, pastikan kamu mengerti tentang cara kerja dan bagaimana penggunaan fitur XTRA Trade Limit sebelum menggunakannya agar potensi profit kamu bisa maksimal.

Yang Perlu Trader Ketahui Sebelum Menggunakan XTRA Trade Limit

Sebelum menggunakan fitur XTRA Trade Limit Ajaib, trader wajib tahu kapan harus mengembalikan limit terpakai agar tehindar dari biaya trade limit, suspend buy, hingga force sell.

  • T+0: Hari ketika kamu membeli saham dengan fitur XTRA Trade Limit, berarti kamu beli saham dengan tambahan buying power XTRA Trade Limit.
  • T+2: Hari kedua bursa setelah transaksi pembelian saham dengan XTRA Trade Limit. Kamu harus mengembalikan buying power yang terpakai untuk membeli saham maksimal di T+2 sebelum pukul 18.00 WIB. Jika membayarnya tepat waktu, maka kamu tidak akan terkena biaya trade limit.
  • T+3: Jika pada T+2 kamu belum membayar kewajiban atas penggunaan buying power, maka akun kamu akan terkena suspend buy dan biaya trade limit pada T+3. Suspend buy membuat akun kamu tidak bisa melakukan pembelian saham, tapi tetap bisa menjual saham. Sedangkan biaya trade limit akan dikenakan sebesar 0.2% per hari sampai kewajiban dikembalikan.
  • T+4: Apabila sampai hari keempat kewajiban atas penggunaan limit masih belum dibayar, maka saham di portofolio kamu akan terkena force sell, yaitu penjualan saham di portofolio kamu secara otomatis, tujuannya adalah untuk mengembalikan kewajiban atas buying power terpakai ditambah biaya trade limit.

Untuk mengembalikan tambahan limit yang terpakai, bisa dengan melakukan deposit RDN sejumlah kewajiban maksimal pada T+2 sebelum pukul 18.00 WIB supaya terhindar dari biaya Trade Limit dan suspend buy. 

Selain deposit RDN, biasa juga membayar kewajiban dengan menjual saham di portofolio kamu sesuai nominal kewajiban yang perlu dikembalikan.

Keunggulan Fitur XTRA Trade Limit Ajaib

Fitur XTRA Trade Limit Ajaib

Kehadiran fitur XTRA Trade Limit Ajaib dapat membantu trader untuk memperbesar potensi profit karena bisa beli saham lebih banyak dengan tambahan buying power XTRA Trade Limit.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut beberapa keuntungan menggunakan XTRA Trade Limit Ajaib:

Bisa trading di 140++ saham pilihan

Dengan memanfaatkan fitur XTRA Trade Limit kamu bebas memilih saham yang tersedia di Ajaib. Ada lebih 140++ saham potensial yang bisa kamu pilih untuk memperoleh keuntungan.

XTRA Buying Power Trade Limit hingga 6x

Hanya di Ajaib kamu bisa nikmati XTRA buying power trade limit hingga 6x lho. Hitungannya ini dari total regular buying power (RDN), sudah dengan stock portfolio after haircut. 

Bisa Atur Saham Jaminan

Dengan fitur XTRA Trade Limit Ajaib, kamu bisa atur saham jaminan yang dapat melindungi aset jangka panjang kamu. Dimana lagi coba bisa investasi sekaligus melindungi aset.

Tidak Perlu Aktivasi

Mau investasi saham di Ajaib? Gak perlu ribet karena dengan  fitur XTRA Trade limitnya ini dapat digunakan oleh semua users tanpa perlu melakukan aktivasi sama sekali.

Periode trading lebih lama sehingga XTRA potensi profit

Membeli saham dengan fitur XTRA Trade Limit memungkinkan kamu untuk trading lebih lama karena durasi hold saham bisa sampai 4 hari atau lebih. 

Cara Menggunakan Fitur XTRA Trade Limit Ajaib

Cara menggunakan fitur XTRA Trade Limit Ajaib ini mudah banget. Seperti yang sudah disinggung di atas, tidak perlu melakukan aktivasi.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Ajaib lalu pilih saham yang ingin kamu beli
  • Selanjutnya pilih long term untuk bisa mengakses fitur XTRA Trade Limit Ajaib
  • Berikutnya tentukan jumlah pembelian lalu dapatkan XTRA Buying Power hingga 6x lipat.
  • Pilih beli dan konfirmasi pembelian
  • Transaksi akan otomatis masuk ke portofolio kamu.

Segera unduh aplikasinya dan lakukan registrasi. Untuk pengguna baru, jangan lupa pakai kode Ajaib siskchyw untuk dapatkan 1 lot saham gratis.

PLAY STORE:

  https://play.google.com/store/apps/details?id=ajaib.co.id&hl=id 

APP STORE: 

https://apps.apple.com/id/app/ajaib-saham-bond-reksadana/id1473916571 

3 komentar untuk "Fitur XTRA Trade Limit Ajaib, yang Perlu Trader Tahu Sebelum Menggunakannya"

Comment Author Avatar
Kalau punya fitur trading keren ini, bakalan dapat manfaat lebih ya. Sepertinya buat para trader perlu nih menguasai dan memahaminya lebih lanjut. Biar makin cuan juga, kan
Comment Author Avatar
Aku tuh pengguna Ajaib Saham. Masih belum mengerti soal Xtra trade limit ini. Maksudnya, apakah berarti kita bisa beli meski saldo RDN-nya tidak mencukupi kalau dapat xtra trade limitnya?
Comment Author Avatar
karena masih belajar soal saham, fitur ini saya baru tahu. tapi ternyata bermanfaat juga untuk trader yang membutuhkan tambahan modal ya

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.