Tips Investasi Cuan bareng Pasangan

Tips Investasi Cuan bareng Pasangan
Gambar : freepik

Investasi bareng pasangan bisa jadi cara yang efektif untuk mencapai tujuan keuangan bersama. Namun, kamu dan pasangan membutuhkan komunikasi dan kerjasama yang baik. 

Pastikan untuk selalu terbuka soal kondisi keuangan masing-masing dan perubahan tujuan atau prioritas. Ini penting supaya nggak ada salah paham dan bisa tetap sejalan.

Diversifikasi investasi juga penting untuk mengelola risiko. Kamu dan pasangan bisa mempertimbangkan investasi obligasi, reksadana, atau saham, tergantung toleransi risiko dan jangka waktu investasi. 

Investasi adalah hal penting dalam membangun keuangan keluarga yang sehat untuk jangka panjang.

Tips Investasi Cuan bareng Pasangan

Gambar : freepik

Ingin memiliki keuangan yang stabil bersama pasangan? Jika ya, kamu harus mengetahui beberapa tips investasi untuk pasangan menikah, berikut ini.

Bicarakan Rencana dan Tujuan Finansial

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah duduk bersama dan membahas rencana serta tujuan finansial jangka pendek dan jangka panjang. 

Misalnya, apakah kalian ingin membeli rumah, merencanakan liburan, atau pensiun dengan nyaman. Kamu dan pasangan bisa merancang strategi investasi yang sesuai untuk mencapainya.

Rekening Pisah atau Gabungan?

Putuskan apakah kamu dan pasangan akan menggunakan rekening pisah atau gabungan untuk investasi. 

Rekening gabungan bisa mempermudah pengelolaan keuangan dan transparansi, namun rekening pisah bisa memberikan fleksibilitas lebih. 

Pilihlah yang paling nyaman dan sesuai dengan gaya hidup serta kebiasaan keuangan dalam rumah tangga.

Tentukan Bentuk Kesuksesan Investasimu
Setiap pasangan memiliki definisi kesuksesan yang berbeda. Bicarakan apa yang kamu dan pasangan anggap sebagai kesuksesan investasi. 

Apakah itu pertumbuhan aset, pendapatan pasif, atau stabilitas finansial? Memahami definisi kesuksesan masing-masing membuat kalian bisa menyelaraskan strategi dengan tujuan investasi bersama.

Tetapkan Anggaran

Anggaran adalah kunci untuk memastikan investasi berjalan lancar tanpa mengorbankan kebutuhan sehari-hari. Tentukan berapa banyak yang bisa kamu dan pasangan alokasikan untuk investasi setiap bulan. 

Agar lebih mudah, kamu bisa mengatur anggaran investasi dengan sistem autodebet dari tabungan. Namun pastikan anggaran tersebut realistis dan tidak mengganggu keseimbangan keuangan harian kalian.

Pelajari Kesesuaian Pasangan sebagai Investor
Setiap orang memiliki toleransi risiko yang berbeda-beda. Diskusikan kesesuaian masing-masing sebagai investor, termasuk seberapa besar risiko yang bisa diterima. 

Kamu dan pasangan bisa memilih jenis investasi yang cocok, apakah itu saham, obligasi, atau reksadana, setelah memahami profil risiko masing-masing.

Pahami Keuntungan Investasi Bersama

Pasangan yang berinvestasi bersama memiliki keuntungan lebih, seperti pengurangan pajak. Pada instrumen investasi yang dikombinasikan dengan asuransi, pasangan bisa mendapat hak warisan dari klaim asuransi. Modal investasinya sendiri juga dapat dijadikan sebagai tunjangan warisan.

Diversifikasi Investasi

Diversifikasi adalah kunci untuk mengelola risiko. Investasikan dana ke berbagai aset untuk meminimalkan risiko kerugian dan meningkatkan peluang cuan. 

Pertimbangkan untuk berinvestasi di beberapa instrumen, sehingga kamu dan pasangan bisa lebih tenang menghadapi fluktuasi pasar.

Pisahkan Anggaran Investasi dengan Dana Penting

Sekalipun kamu bisa menetapkan tujuan investasi untuk kebutuhan dana penting seperti dana pendidikan anak, dana pensiun, dan dana darurat, sebaiknya pisahkan anggaran tersebut. 

Cara ini bertujuan untuk mengamankan dana-dana penting, agar kamu dan pasangan dapat menghadapi risiko investasi dengan lebih tenang.

Lunasi Utang Bunga Tinggi sebelum Berinvestasi

Lunasi utang lebih dulu, terutama utang dengan bunga melebihi hasil investasi yang akan kamu ambil. Pasalnya, menghasilkan laba investasi dari waktu ke waktu berarti mengambil risiko dan mengatasi volatilitas. 

Namun dengan melunasi utang kamu mendapatkan keuntungan tersebut, bebas risiko dari bunga utang yang dapat mengganggu kondisi keuangan kamu dan pasangan.

Terus Belajar dan Berkomunikasi

Investasi adalah perjalanan yang terus berkembang. Selalu belajar tentang dunia investasi dengan mengikuti seminar, membaca buku, atau mengikuti kursus online.

Komunikasikan perkembangan dan perubahan rencana keuangan secara berkala. Pastikan kamu dan pasangan meng-upgrade ilmu dan wawasan secara seimbang, sehingga tujuan investasi tetap sejalan dan dapat dicapai bersama.

Konsultasi dengan Ahli Investasi

Jika merasa perlu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan atau perencana investasi. Mereka bisa memberikan panduan profesional yang sesuai dengan kondisi keuangan dan tujuan investasi keluarga. 

Kamu dan pasangan akan mendapatkan pemahaman lebih detail dan informasi penting yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam investasi.

Investasi Bareng Aplikasi digibank by DBS

Investasi bareng pasangan memberi potensi cuan dan keuntungan lebih banyak. Pilih aplikasi yang sudah terpercaya seperti Aplikasi digibank by DBS. 

Sebagai solusi yang bisa kamu jadikan andalan, Aplikasi digibank by DBS menyediakan lebih dari 150 produk investasi, mulai dari investasi obligasi, deposito hingga reksa dana. 

Selain seluruh produk mendapat skoring dan terkurasi oleh PT Infovesta sehingga kamu bisa lebih pede untuk bidik cuan, Aplikasi digibank by DBS telah diakui sebagai Bank Investasi Terbaik Dunia versi Global Finance.

Kamu dan pasangan bisa mengakses insight dan informasi penting dari digibank Advisor, tim ahli kelas dunia yang dapat memberikanmu strategi investasi dengan pendekatan komprehensif dan personal membantu kamu menavigasi investasi di tengah fluktuasi pasar. 

Kamu dan pasangan dapat mengambil setiap peluang dalam pasar investasi dan memastikannya selaras dengan tujuan serta toleransi risiko.

Yuk, realisasikan investasi obligasi dalam 1 Aplikasi digibank by DBS, cek informasi lebih lanjut di sini.

Posting Komentar untuk "Tips Investasi Cuan bareng Pasangan"