Rekomendasi Buah Segar dan Tips Memilihnya

QRIS
Gambar : freepik

Kamu sering mengalami zonk saat beli buah? Memang sih, membeli buah harus benar-benar teliti dan untuk mendapatkan yang manis juga segar kamu harus pintar memilihnya. 

Baik itu saat kamu beli di pasar tradisional atau di supermarket yang sistem bayarnya udah kekinian menggunakan QRIS. Terus, gimana dong cara yang tepat biar bisa dapat buah yang berkualitas, manis dan segar? 

Jangan Sampai Zonk! Berikut Tips Memilih Buah yang Bagus dan Segar

Membeli buah di pasar atau supermarket memang merupakan hal yang sederhana. Namun, tidak jarang buah yang kamu beli ternyata sudah tidak segar atau rasanya tidak sesuai harapan. 

Agar tidak salah pilih dan mendapatkan buah yang segar serta berkualitas, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu jadikan acuan untuk memilih beberapa jenis buah yang populer di Indonesia.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat dan serat. Namun, memilih alpukat yang matang sempurna bisa jadi tantangan. Berikut ciri-ciri alpukat yang bagus dan segar:

Dari segi tekstur, alpukat yang matang memiliki tekstur yang lembut saat ditekan lembut. Jangan pilih alpukat yang terlalu lembek atau terlalu keras.

Umumnya, alpukat yang matang memiliki kulit yang berwarna hijau gelap atau hampir hitam. Ketika akan membeli buah ini, hindari alpukat yang memiliki bintik hitam besar atau bagian yang lunak, karena itu bisa menandakan kerusakan.

Alpukat yang masih segar juga biasanya memiliki batang kecil di bagian atas yang mudah dilepas dan area di bawahnya berwarna hijau. Ini juga merupakan salah satu ciri dan tanda bahwa alpukat sudah matang serta siap dimakan.

Mangga

Buah mangga yang matang memiliki rasa manis dan aroma harum dan untuk mendapatkan mangga yang terbaik, kamu harus perhatikan hal berikut:

Mangga matang memiliki aroma manis yang kuat. Jika tidak tercium aroma manis, kemungkinan mangga masih mentah.

Warna mangga bisa bervariasi tergantung jenisnya, tapi umumnya mangga matang memiliki warna yang cerah, baik itu kuning, merah, atau hijau dengan sedikit kemerahan.

Kulit mangga yang matang akan terasa sedikit lembut saat ditekan, namun tidak terlalu lunak. Hindari mangga dengan kulit yang keriput atau terlalu lembek.

Buah Naga

Buah naga dikenal dengan bentuknya yang unik dan rasa yang menyegarkan. Untuk memastikan kamu mendapatkan buah naga yang segar, maka pilih buah naga dengan kriteria:

Buah naga segar memiliki kulit yang cerah, tidak berbintik dan kusam. Warna kulitnya biasanya merah cerah atau kuning, tergantung jenisnya.

Sisik pada kulit buah naga seharusnya masih tampak segar. Sisik yang kering atau layu bisa menjadi tanda buah naga sudah terlalu lama dipajang.

Buah naga yang matang memiliki tekstur kulit yang sedikit lembut saat ditekan. Hindari buah naga yang terlalu keras atau terlalu lembek.

QRIS
Gambar : freepik

Jeruk

Jeruk adalah buah yang paling umum dan sering dikonsumsi. Memilih jeruk yang segar bisa kamu lakukan dengan cara memperhatikan beberapa hal berikut:

Buah jeruk yang berat biasnya memiliki kandungan air tinggi, artinya jeruk masih segar dan berair.

Kulit jeruk harus halus dan kencang, tanpa banyak bintik hitam atau keriput.

Jeruk matang memiliki aroma segar dan manis yang kuat jika kamu menciumnya.

Pepaya

Pepaya yang matang dan manis adalah buah yang sempurna untuk dikonsumsi di cuaca panas. Untuk memilih buah pepaya yang segar, berikut tipsnya:

Pepaya matang memiliki warna kulit yang kuning cerah. Warna hijau menandakan buah masih mentah, sedangkan warna oranye kecoklatan biasanya menandakan buah sudah terlalu matang.

Kulit pepaya seharusnya bertekstur sedikit lembut saat ditekan, tetapi tidak terlalu lembek. Pepaya yang terlalu keras menandakan masih mentah.

Buah pepaya yang matang memiliki aroma yang khas. Jika pepaya tidak mengeluarkan aroma saat kamu cium, bisa jadi buah tersebut belum matang.

Melon

Salah satu buah yang manis, segar dan cocok untuk kamu jadikan camilan adalah melon. Agar mendapatkan buah melon yang segar, kamu bisa ikuti tips berikut ini: 

Melon yang matang memiliki aroma manis dan segar yang bisa tercium bahkan sebelum dipotong.

Kulit melon yang segar harusnya keras dan tidak memiliki banyak bintik atau kerusakan. Melon dengan kulit yang terlalu lunak bisa menandakan buah tersebut sudah terlalu matang atau mulai membusuk.

Pilihlah melon yang berat sebab biasanya memiliki kandungan air tinggi, menandakan buah tersebut segar dan berair.

Dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, kamu bisa lebih mudah memilih buah yang segar, berkualitas dan tentunya nggak zonk. Tambah lagi jika kamu membeli buah-buahan tersebut di supermarket yang telah mengaplikasikan sistem atau cara bayar dengan QRIS. 

Bukankan ini akan membuat transaksi pembelianmu lebih nyaman? Sebab jangan khawatir jika uang cash dalam dompetmu kurang, kamu tetap bisa melakukan pembayaran dengan mudah.

Nah, membayar dengan menggunakan QRIS akan semakin untung apabila kamu menggunakan digibank QRIS. 

Kamu bisa sat set membayar semua buah yang sudah kamu beli ga pake ribet lalu melanjutkan berbelanja sepuasnya dengan limit Rp10 juta/transaksi/hari. 

Masih belum puas juga? Kamu bisa banget memanfaatkan berbagai promo menarik dan tersedia di berbagai merchant pilihan yang sudah bekerja sama dengan Aplikasi digibank by DBS

So, jangan ragu, yuk pake digibank QRIS sekarang juga, informasi lengkapnya bisa kamu cek di sini ya! 

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Buah Segar dan Tips Memilihnya"