Cara Menghentikan Haid Terus Menerus secara Alami

Sempat panik waktu pertama kali mengalami haid terus menerus. Padahal normalnya durasi pendarahan haid saya hanya 7 hari tapi semenjak lahiran anak ketiga atau tepatnya pasca nifas menjadi lebih panjang.

Bayangkan, durasinya hingga 14 hari atau dua pekan lho. Lama banget, kan? Gimana saya nggak panik coba!

Langsung saja saya googling buat cari tahu penyebabnya. Termasuk cari info terkait minuman untuk memperlancar haid

Pasalnya kondisi haid yang saya alami ini benar-benar nggak normal. Awal-awalnya cuma flek. Bisa 3 sampai 5 hari keluarnya sebatas flek. Bahkan pernah flek sampai sepekan dan darah haid baru mengalir deras setelah hari ketujuh.

Ini yang bikin durasi menstruasi saya jadi panjang. Karena tidak lancar keluar pada awal masa haid sehingga yang muncul hanya flek.

Lantas kenapa siklus haid saya bisa berubah pasca lahiran anak ketiga dan gimana cara saya mengatasi haid yang berkepanjangan atau berlangsung terus menerus?

Penasaran? Baca ulasan ini sampai selesai ya!

Cara Menghentikan Haid Terus Menerus secara Alami
Gambar : freepik.com

Penyebab Haid yang Berkepanjangan

Haid atau menstruasi adalah kondisi keluarnya darah dari area intim wanita yang terjadi setiap bulan. Umumnya wanita mulai mengalami kondisi yang merupakan proses normal dari organ reproduksi ini sejak usia 12 tahun hingga menopause.

Adapun siklus haid pada wanita umumnya berbeda-beda yaitu berkisar setiap 21-35 hari. Durasi pendarahan haid juga bervariasi yakni sekitar 4-7 hari.

Namun ada sebagian wanita yang mengalami menstruasi berkepanjangan. Kondisi ini dikenal dengan istilah menorrhagia.

Wanita yang mengalami menorrhagia memiliki durasi haid lebih dari 7 hari atau volume pendarahannya lebih dari 80 ml. Normalnya, jumlah darah yang keluar pada saat haid adalah 30-40 ml.

Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan wanita mengalami haid berkepanjangan atau menorrhagia? Berikut penjelasan yang saya dapatkan dari situs Alo Dokter. Simak yuk!

1. Ketidakseimbangan Hormon.

Salah satu penyebab utama haid terus menerus adalah ketidakseimbangan hormon khususnya hormon estrogen dan progesteron.

Ketidakseimbangan hormon biasanya muncul karena :

  • Pubertas, pada masa pubertas, kadar hormon masih belum stabil, sehingga dapat menyebabkan haid tidak teratur, termasuk haid berkepanjangan.
  • Perimenopause, menjelang menopause, kadar hormon juga mulai tidak stabil, sehingga dapat menyebabkan haid tidak teratur, termasuk haid berkepanjangan.
  • Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) merupakan gangguan hormon di mana terdapat kista kecil pada ovarium dan kadar hormon androgen yang tinggi. PCOS dapat menyebabkan haid tidak teratur, termasuk haid berkepanjangan.
  • Gangguan Tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme juga dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan haid berkepanjangan.

2. Kelainan pada Organ Reproduksi

Penyebab haid berkepanjangan selanjutnya yaitu karena kelainan pada organ reproduksi, seperti:

  • Fibroid rahim, tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim. Fibroid rahim dapat menyebabkan perdarahan haid yang banyak dan berkepanjangan.
  • Polip rahim, pertumbuhan berlebih pada lapisan rahim. Polip rahim dapat menyebabkan perdarahan haid yang tidak normal, termasuk haid berkepanjangan.
  • Adenomiosis, kondisi di mana jaringan endometrium (lapisan dalam rahim) tumbuh ke dalam dinding rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan haid yang banyak dan berkepanjangan.
  • Kanker rahim juga dapat menyebabkan perdarahan haid yang tidak normal, termasuk haid berkepanjangan.

3. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Nah, ini penyebab mengapa saya akhirnya mengalami menorrhagia. Karena setelah melahirkan anak ketiga saya memutuskan menggunakan alat kontrasepsi IUD (Intrauterine Device).

Setelah saya cari tahu, alat kontrasepsi seperti IUD ini memang dapat mempengaruhi siklus dan durasi menstruasi. Bukan cuma saya lho, ternyata teman-teman saya yang menggunakan KB IUD juga mengalami hal yang sama. Siklus haid jadi lebih pendek dan durasi pendarahan semakin panjang atau lama.

4. Obat-obatan Tertentu

Penyebab menstruasi berkepanjangan berikutnya juga bisa karena obat yang dikonsumsi. Obat-obatan seperti obat pengencer darah dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dapat menyebabkan haid berkepanjangan.

5. Faktor Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, beberapa faktor lain seperti obesitas, stres, penurunan berat badan yang drastis dan kurang olahraga juga dapat menyebabkan haid berkepanjangan.

Cara Menghentikan Haid Terus Menerus secara Alami

Buat yang mengalami menorrhagia atau haid terus menerus seperti saya pasti tahu dong gimana rasanya. Sangat tidak nyaman dan bikin cemas. 

Menorrhagia sendiri sebenarnya bukan kondisi berbahaya jika terjadi sekali atau dua kali. Hanya saja jika kondisi ini berlangsung terus menerus atau setiap bulan dalam waktu yang lama maka patut diwaspadai. 

Well, sebelum memutuskan ke dokter kamu bisa ikhtiar dulu nih dengan mengikuti tips menghentikan haid yang berkepanjangan secara alami berikut ini :

1. Menjaga Pola Makan

Pertama yang paling penting adalah menjaga pola makan sehat. Ini merupakan kunci utama lho untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi. Jadi, jangan sepelekan masalah makanan. 

Untuk itu ada beberapa tips pola makan nih yang dapat membantu menghentikan haid terus menerus:

  • Perbanyak konsumsi air putih

Air putih membantu melancarkan aliran darah dan mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk perdarahan haid. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

  • Konsumsi makanan kaya zat besi

Zat besi membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang hilang saat menstruasi. Contoh makanan kaya zat besi seperti daging merah, hati, bayam, kacang-kacangan

  •  Konsumsi makanan kaya vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Contoh makanan kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi, paprika, brokoli

  •  Hindari makanan olahan

Makanan olahan tinggi lemak dan gula dapat memperburuk perdarahan haid. Hindari konsumsi makanan seperti junk food, fast food, dan minuman bersoda.

2. Olahraga Teratur

Selanjutnya, penting untuk melakukan olahraga teratur karena aktivitas ini dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi kram perut saat menstruasi. Tidak harus dengan olahraga berat.

Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga selama 30 menit setiap hari.

3. Kelola Stres

Faktanya stres juga dapat memperburuk perdarahan haid. So, jangan heran kalau sedang mengalami stres atau banyak pikiran, siklus haid juga jadi kacau. 

Oleh karenanya, untuk mengatasi menorrhagia tidak cukup dengan jaga pola makan dan olahraga teratur saja.

Lakukan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik untuk mengelola stres.

4. Gunakan Kompres Hangat

Tips selanjutnya atasi dengan kompres hangat yang dapat membantu meredakan kram perut dan melancarkan aliran darah. 

Gunakan kompres hangat pada area perut bawah selama 15-20 menit beberapa kali sehari.

5. Konsumsi Herbal

Satu lagi cara menghentikan haid berkepanjangan yang tidak kalah manjur yaitu dengan mengonsumsi herbal.

Beberapa herbal diyakini dapat membantu menghentikan haid terus menerus, seperti:

  • Jahe, tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kram perut dan mengurangi perdarahan haid.
  • Kunyit, kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menghentikan haid terus menerus.
  • Daun raspberry, tumbuhan ini juga diyakini dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi perdarahan haid.

Atau kalau mau lebih praktis bisa juga konsumsi minuman pelancar haid yang recommended seperti Sido Muncul Minuman Kunyit Asam.

Sido Muncul Minuman Kunyit Asam Bantu Lancarkan Haid 

Sido Muncul Minuman Kunyit Asam Bantu Lancarkan Haid

Sido Muncul Minuman Kunyit Asam menjadi pilihan saya untuk bantu mengatasi masalah haid terus menerus lebih dari 7 hari pasca menggunakan kontrasepsi IUD.

Saya nggak ragu dengan minuman herbal ini karena terbuat dari bahan alami. Sesuai dengan nama produknya, minuman berkhasiat ini mengandung Curcuma Domestica Rhizoma Extract (kunyit) dan Tamarindi Indica Pulpa Extract (asam jawa)

Dalam satu box Sido Muncul Minuman Kunyit Asam terdapat 5 pcs di mana setiap sachet-nya dengan setara terdapat 35 kg kunyit segar dan 5 10 gr asam jawa.

Minuman tradisional Indonesia ini bermanfaat untuk membantu memperlancar haid termasuk mengatasi masalah haid terus menerus. 

Selain itu buat yang punya masalah obesitas bisa banget lho cobain minuman kunyit asam Sido Muncul ini karena berkhasiat juga untuk menurunkan berat badan.

Tenang saja! Rasanya nggak bikin eneg kok. Malah yang ada ketagihan karena terasa segar. Paduan antara rasa pahit kunyit dengan hangatnya yang khas dan asamnya asam jawa. Bisa dinikmati dalam kondisi dingin maupun hangat.

Penutup

Masalah menstruasi berkepanjangan jangan dianggap sepele ya! Cari tahu penyebabnya lalu sebisa mungkin atasi dulu dengan cara menghentikan haid terus menerus secara alami.

Terapkan pola makan sehat, rutin olahraga, hindari atau kelola stres, atasi dengan kompres air hangat dan konsumsi herbal.

Pertimbangkan juga untuk konsumsi minuman pelancar haid seperti minuman asam kunyit dari Sido Muncul yang khasiatnya sudah terbukti dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan haid termasuk haid yang berkepanjangan atau Menorrhagia.

Sekian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Menghentikan Haid Terus Menerus secara Alami "